Rabu, 05 April 2017

4 Suku Terasing di Pedalaman Indonesia yang Terancam Punah!

Indonesia adalah negara kepulauan yang dikenal memiliki beragam suku bangsa. Dan dari sekian banyak suku yang kita ketahui nggak sedikit pula suku-suku yang tinggal di pedalaman Indonesia yang keberadaannya terasingkan. Sulitnya akses untuk menuju ke tempat tinggal suku-suku tersebut membuat mereka tidak bisa mendapatkan hidup layaknya manusia modern seperti saat ini dan membuatnya terancam punah. Berikut ini rangkuman 4 suku terasing di pedalaman Indonesia yang terancam punah! 

1. Suku Korowai (Papua)

Suku Korowai memiliki populasi sekitar 3.000 orang. Keberadaannya ditemukan sekitar 30 tahun lalu di pedalaman Papua. Masyarakat suku ini hidup di rumah-rumah pohon yang disebut Rumah Tinggi dengan ketinggian hingga 50 meter dari permukaan tanah. Hal unik lainnya adalah dari sekian banyak suku asli di Papua orang-orang Suku Korowai menjadi salah satu suku yang tidak menggunakan "koteka" sejenis penutup kemaluan untuk kaum laki-laki penduduk asli Pulau Papua.

2. Suku Togutil (Maluku Utara)

Terdapat komunitas etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden di Taman Nasional Aketajeawe-Lolobata, Halmahera Utara, Maluku Utara mereka adalah suku Togutil atau lebih dikenal dengan Suku Toblo Dalam. Karena aktifitas pertambangan yang ada di sekitar hutan membuat suku Togutil terancam punah. Saat ini hanya tersisa sekitar 42 keluarga Suku Togutil yang berada di hutan Totodogu dan Lolobata.

3.Suku Bauzi (Papua)

Suku Bauzi masuk kedalam daftar 14 suku paling terasing menurut Summer Institute of Linguistics (SIL). Badan Pusat Statistik Papua juga memasukkan mereka ke dalam daftar 20 suku terasing yang telah teridentifikasi. Suku Bauzi yang juga dikenal dengan orang Baudi itu hidup di hutan belantara, pegunungan, lembah kawasan Mamberamo dan membuatnya nggak tersentuh peradaban modern sama sekali.

4. Suku Anak Dalam (Jambi)

orang-orang suku ini disebut juga dengan panggilan Orang Kubu atau Orang Rimbo. mereka tinggal di dalam hutan kawasan Provinsi Jambi mereka juga dikenal dengan kelompok yang suka berpindah-pindah. Jika ada salah seorang anggota keluarga mereka meninggal, maka Suku Anak Dalam ini akan berpindah ke tempat yang baru. Mereka juga hampir punah karena semakin banyaknya hutan yang diratakan untuk dijadikan kawasan pemukiman atau industri.
Membahas tetang suku-suku di Indonesia baru-baru ini dunia maya juga dihebohkan dengan video yang menangkap kemunculan makhluk menyerupai manusia di daerah Aceh, Sumatera Utara. Dari video yang diupload channel youtube Usman Jabrik terlihat makhluk tersebut berlari kencang dengan membawa kayu lalu menghilang diantara semak-semak. Belakangan diduga makhluk tersebut adalah suku Mante yang merupakan suku terawal yang mendiami Aceh menurut legenda rakyat Aceh. Dilansir dari Wikipedia saat ini suku Mante sudah punah karena telah bercampur dengan suku-suku bangsa pendatang lainnya. Namun, masih belum terdapat bukti ilmiah yang kuat terhadap keberadaan suku ini Famous people, jadi masih menjadi misteri hingga saat ini. Penasaran dengan wujud makhluk yang diduga suku Mante tersebut? Kamu bisa simak videonya di atas!

Tidak ada komentar:
Write komentar