Rabu, 05 April 2017

Begini Cara Supaya Nggak Termakan Berita Hoax!

Akhir-akhir ini banyak berita bohong atau yang sering disebut hoax bermunculan. Berita hoax adalah berita bohong yang tidak berdasarkan fakta yang sengaja dibuat oleh pihak tertentu untuk menjatuhkan pihak lainnya. Majunya teknologi yang ada saat ini sangat memungkinkan para pembacanya untuk menyebarluaskan dengan mudah. Adanya berita hoax ini cukup meresahkan masyarakat apa lagi jika masyarakat yang menerima berita tersebut menelan mentah-mentah isi dari berita tanpa tau kebenarannya. Supaya terhindar dari berita hoax yang menjamur saat ini Famous.id punya beberapa tips agar Famous People nggak mudah termakan berita hoax!
 
1. Jangan Mudah Percaya


Jangan mudah percaya kalau kamu mendapat informasi atau berita. Saat ini orang-orang dapat dengan mudah menulis dan menyebarkan informasi jadi kamu harus lebih cermat dalam menyaring informasi yang didapat. Kebanyakan orang yang termakan berita hoax adalah mereka yang kurang selektif dalam menyaring info yang diterima, jadi membuat mereka mempercayai begitu saja walaupun berita tersebut kurang masuk akal.

2. Baca dengan Teliti


Salah satu ciri dari berita hoax adalah judul yang menarik dan memancing keingintahuan kita. Dan sayangnya engga sedikit orang yang hanya membaca judul dan bagian awal berita lalu dengan mudahnya membagikan berita tersebut ke media sosialnya. Padahal, terkadang judul dari berita nggak sesuai dengan isinya atau berisi informasi yang nggak bermanfaat. Untuk itu, sebelum menyebarkan berita sebaiknya membaca seluruh bagian dengan teliti, ya Famous people!

4. Jangan Berkomentar Aneh


Untuk hal yang satu ini memang cukup melihat postingan info serta komentar-komentar yang saling bersahutan terkadang membuat kita jadi ingin ikut mengutarakan pendapat kita. Boleh-boleh saja berkomentar tapi pastikan komentarnya nggak berpotensi memperkeruh suasana ya, karena bisa jadi salah sedikit saja bisa memicu pertengkaran dari berbagai pihak lho.

5. Menahan Diri


Biasanya saat melihat satu berita dengan judul ditambah dengan ilustrasi yang menarik buat kita ingin cepat-cepat membaginya ke teman-teman di media sosial. Tapi ingat, jangan terburu-buru mengklik tombol share. Salah menggunakan media sosial bisa menjadi bumerang buat kamu. Info-info yang ada di internet nggak jarang menimbulkan perselisihan.
Yuk Famous people, berpikir cerdas dan bersikap positif mulai dari sekarang! Jangan biarkan internet memberi pengaruh negatif dan gunakan internet untuk menggali informasi yang bermanfaat dengan tidak mudah terpengaruh dengan berita hoax

sumber : https://www.famous.id/

Tidak ada komentar:
Write komentar